Interaksi Manusia dan Komputer ( IMK )


Interaksi Manusia dan Komputer ( IMK ) adalah adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna agar mudah digunakan manusia. Sedangkan IMK sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan.
IMK ilmu yang sangat berkaitan dengan desain implementasi dan evaluasi dari sistem komputasi yang interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya, ada interaksi antara satu atau lebih manusia dan satu atau lebih komputasi mesin.
Agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.
Kesimpulan nya adalah IMK merupakan hubungan antara manusia dan komputer yang dapat memenuhi kebutuhan/permintaan dari user (manusia), dengan penggunaan yang mudah (user friendly).

Jenis-jenis Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer

1.   Time Sharing
Satu komputer yang mampu mendukung (dapat digunakan oleh) multiple user.
2.     Video Display Units (VDU)
Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda dan mampu memvisualisasikan abstraksi data

3.     Programming Toolkits (Alat Bantu Pemrograman)
Alat Bantu Pemrograman memungkinkan programmer meningkatkan produktivitasnya

4.     Komputer Pribadi (Personal Computing)
Mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk user tunggal.

5.     Sistem Window dan interface WIMP (Windows, Icons, Menus and Pointers)
Sistem window memungkinkan user untuk berdialog / berinteraksi dengan komputer dalam beberapa aktivitas/topik yang berbeda

6.     Metapora (Metaphor)
Metapora telah cukup sukses digunakan untuk mengajari konsep baru, dimana konsep tersebut telah dipahami sebelumnya.
Contoh metapora (dalam domain PC):
Spreadsheeet adalah metapora dari Accounting dan Financial Modelling. Keyboard adalah metapora dari Mesin Tik

7.     Manipulasi Langsung (Direct Manipulation)
Manipulasi Langsung memungkinkan user untuk mengubah keadaan internal sistem dengan cepat. Contoh Direct Manipulation adalah konsep WYSIWYG (what you see is what you get)

8.     Bahasa vs. Aksi (Language versus Action)
Bahasa digunakan oleh user untuk berkomu-nikasi dengan interface

   9.   Hypertext
Penyimpanan informasi dalam format linear tidak banyak mendukung pengaksesan informasi secara random dan browsingasosiatif.

 10.    Multi-Modality
Sistem multi-modal interaktif adalah sistem yang tergantung pada penggunaan beberapa (multiple) saluan (channel) komunikasi pada manusia

11.  Computer-Supported Cooperative Work (CSCW)
Perkembangan jaringan komputer memung-kinkan komunikasi antara beberapa mesin (personal komputer) yang terpisah dalam satu kesatuan grup. Sistem CSCW dirancang untuk memungkin-kan interaksi antar manusia melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu produk.


Smart Lock dengan IMK

Contoh Interaksi Manusia dan Komputer yang akan saya buat ‘Smart Lock’ dengan menggunakan sidik jari dan kode keypad yang dapat di atur sesuai dari pengguna nya.

Konsep yang di terapkan dimana peengguna mengatur kode dengan angka dan memasukan data sidik jari dan dapat menghubungkan ke mobile phone yang di gunakan pengguna pada smart lock, kemudian prangkat di pasang pada tempat yang akan di amankan/di kunci dengan alat ini, contoh : pagar rumah, pintu kamar, pintu rumah, jendela, garasi, lemari, brangkas, dan sebagainya. Dan jika terjadi pembobolan/pada tempat yang di pasang smart lock ini akan memberi peringatan/alarm tanda bahaya dan akan mengirim pemberitahuan ke perangkat yang terhubung pada smart lock ini,  penggunaan smart lock ini di gunakan untuk memberi keamanan yang lebih baik dan tentu nya lebih aman dari kejahatan.






sumber penulisan: 

https://thewirecutter.com/reviews/the-best-smart-lock/ ( gambar smart lock - 04 maret 2020 – 22.00 WIB )



Komentar

Postingan Populer