Rangkaian Dasar Antarmuka

Interface atau antarmuka adalah metode menghubungkan bersama satu perangkat, terutama komputer atau mikro-controller dengan yang lain yang memungkinkan kita untuk merancang atau mengadaptasi konfigurasi input dan output dari dua perangkat elektronik sehingga mereka dapat bekerja bersama.

Tetapi Interface lebih dari sekedar menggunakan program perangkat lunak komputer dan prosesor untuk mengendalikan sesuatu. Sementara antarmuka komputer menggunakan input dan output port satu arah dan dua arah untuk menggerakkan berbagai perangkat periferal, banyak rangkaian elektronik sederhana dapat digunakan untuk antarmuka ke dunia nyata baik menggunakan sakelar mekanis sebagai input, atau LED individu sebagai output.

Yang termasuk rangkaian dasar antarmuka sebagai berikut :

Rangkaian Antarmuka Input Jenis perangkat penghubung input yang paling sederhana dan paling umum adalah sakelar tombol (push button switch). Perpindahan sakelar mekanis ON-OFF, sakelar push-button, sakelar rocker, sakelar kunci (key), dan sakelar buluh (reed), dll.

Semuanya populer sebagai perangkat input karena biayanya yang murah dan mudahnya antarmuka input ke rangkaian apa pun. Juga operator dapat mengubah keadaan input hanya dengan mengoperasikan sakelar, menekan tombol atau menggerakkan magnet pada sakelar buluh (reed).

Rangkaian Antarmuka Output (Interface Output) dari rangkaian elektronik dan microcontroler memungkinkan mereka untuk mengontrol sesuatu misalnya dengan membuat benda bergerak seperti, motor atau lengan robot, dll. Tetapi rangkaian antarmuka output juga dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan barang, seperti indikator atau lampu. Kemudian rangkaian antarmuka output dapat memiliki output digital atau sinyal output analog.

hal apa yang mendasari antar perangkat dapat saling berkomunikasi biarpun karakteristik perangkat tersebut berbeda-beda

sistem komunikasi akan berjalan dengan karakteristik komunikasi yang mendasar, dan tidak terpengaruh dari prangkat nya. meski karakteristik dari perangkat tidak memliki  sistem yang canggih/modern, komunikasi tetap dapat di lakukan dengan beberapa aspek yang akan mengganggu namun tidak memutus dari sistem komunikasi. 







sumber penulisan:

Komentar

Postingan Populer