Prinsip Dasar Antarmuka (Protokol)


Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet

Komponen protokol yaitu :
Aturan atau prosedur, Mengatur pembentukan atau pemutusan hubungan, mengatur proses transfer data.
 Format atau Bentuk, representasi pesan  Kosakata atau Vocabulary, Jenis pesan dan makna masing - masing pesan
fungsi dari protokol :
  • Fungsi dari Fragmentasi dan reassembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket informasi yang lengkap.
  •  Encaptulation, fungsinya untuk melengkapi informasi yang dikirimkan dengan address, kode - kode koreksi dan lain lain.
  • Connection Control, Fungsinya membangun hubungan komunikasi dari sisi pengirim dan penerima dimana dalam membangun hubungan ini juga termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan.
  • Flow Control, Berfungsi sebagai pengatur perjalanan data dari sisi pengirim ke penerima.
  • Error Control, Dalam pengiriman data tak lepas dari permasalahan, baik itu dalam proses pengiriman maupun pada waktu data diterima. Fungsi dari eror control disini untuk mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan
  • Transmission Service, Fungsinya memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.



Komentar

Postingan Populer