UI dan UX

User Interface dan User Experience

User Interface Design atau yang bahasa Indonesianya itu Desain Antarmuka Pengguna adalah :Desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna. UI Design adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang anda buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website.
UI lebih menciptakan ikatan emosional dengan pengguna melalui desain yang menarik dan indah. Biasanya UI akan diimplementasikan atau dikerjakan setelah UX selesai dengan menentukan desain dari layout, logo, warna, typography dan hal lainnya untuk mempercantik web ecommerce yang anda miliki.

User Experience (UX), User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design adalah Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. UX Design itu proses membuat sebuah website atau aplikasi yang anda buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.
UX design memiliki sejumlah peranan lain. Selain penghubung antara kebutuhan user dan tujuan bisnis, desain UX pun harus terus mengikuti kemajuan teknologi. Beberapa manfaat lainnya seperti: 
Mampu menghemat sumber daya perusahaan. Terbukti, sebuah perusahaan bernama Experience Dynamix menyatakan bahwa User Experience design bisa menghemat tim developer hingga 50%
Mampu meningkatkan penjualan. Hal ini ditopang oleh survei yang dilakukan oleh perusahaan New Enterprise Assosiate (NEA). Mereka menyebutkan bahwa, 75% startup unicorn sangat percaya bahwa desain User Experience yang bagus bisa meningkatkan valuasi perusahaan ketika melakukan aktivitas penjualan
Imaginovation, lembaga penelitian di Amerika, menyatakan bahwa jika konten tidak dioptimalkan dari segi UX, maka pengunjung akan keluar dari website dan mencari media lain.
Contoh Penerapan UI/UX
Dijaman yang sangat pesat perkembangan teknologi dimana melakukan akses internet terbilang sangat mudah. Dan di sanalah UI/UX sangat berpengaruh di bidang e-commerce dimana para customer akan melihat seberapa efisien dan efektifnya apps yang digunakannya. Contoh di sini Menurut Pemikiran saya dimana Penjualannya menggunakan Metode dari NFC atau Menggunakn Qr-Code dimana para Pelanggan bisa dengan mudah melakkukan Pembayaran hanya dengan menscan atau mentapnya saja. Dimana menggunakan sistem pembayaran tersebut adalah hal yang lebih efektif untuk mempersingkat pembayaran.

Komentar

Postingan Populer