keyboard


Logitech G Pro X Mechanical Gaming Keyboard dengan Switch yang ...
Keyboard adalah bagian perangkat input yang fungsinya memasukkan data secara manual. Tidak hanya alfabet dan angka, di keyboard ada juga tombol kunci fungsi, kunci kontrol dan karakter spesial. Pengguna bisa memahami fungsi dari setiap kunci saat digunakan. Saat tombol apapun ditekan, maka sinyal diproduksi dan membuat hasil tertentu. Keyboard paling populer adalah 101.

Cara Kerja Keyboard Komputer

Keyboard adalah suatu perangkat keras yang digunakan dalam mendukung kinerja komputer untuk memberikan input data ke komputer. Alat ini berbentuk seperti papan dengan banyaknya tombol diatas permukaannya berupa huruf, angka, dan tombol fungsi yang lainnya. Keyboard yang paling umum biasanya terdiri dari 80 sampai 110 karakter / tombol termasuk tombol huruf, tombol numerik (yang biasanya digunakan di lingkungan bisnis), tombol fungsi, dan tombol kontrol. Agar keyboard berfungsi dengan baik maka diberi dengan sejumlah daya yang kecil sekitar 5 volt. Dilihat dari pola susunan hurufnya (layout), keyboard yang paling umum digunakan yaitu pola QWERTY, tetapi masih ada pola yang lainnya pula seperti Dvorak, ABCD, XPeRT, dan AZERTY.
Dalam kinerjanya, keyboard terkoneksi ke komputer menggunakan aturan serial melalui kabel PS/2 dan ada juga yang menggunakan kabel USB. Data dikirim secara seri dan dikirimkan oleh keyboard secara bertahap disimpan di dalam buffer yang selanjutnya diolah sistem operasi atas bantuan driver keyboard. Dalam keyboard sendiri hanya terdapat saklar yang memiliki kode – kode tertentu yang dimengerti oleh komputer dan data yang dikirimkan berupa biner

Bagaimana komputer dapat mengetahui tombol mana yang kita tekan ?
Ketika kita menekan salah satu tombol pada keyboard maka tombol yang ditekan akan menekan pula pada sebuah pegas (per) / karet kecil. Tekanan yang terjadi akan menyebabkan suatu rangkaian menjadi terhubung dan membuat hubungan dua elektrik yang menjadikannya sebuah sirkuit tombol. Ketika tombol dilepaskan maka sirkuit tersebut akan lepas kembali.
Data yang melewati tombol akan masuk ke sebuah microprocessor, kemudian akan disamakan dengan data yang ada pada prosessor tersebut, data ini akan digunakan untuk mengidentifikasi huruf dalam alphabet. Microprocessor ini menurunkan sinyal pada RAM (Random Access Memory) yang kemudian langsung di proses. Pada saat yang sama microprocessor keyboard mengirimkan data pada perangkat yang lainnya yaitu sebuah interrupt controller. Hal ini menghentikan semua aktivitas yang dikerjakan oleh komputer dan memberikan perhatian pada sinyal dari keyboard. Sinyal dikirim ke CPU (Central Processing Unit) lalu ke chip ROM (Read Only Memory) BIOS (Basic Input Output System) dan kembali pada keyboard controller setelah itu masuk pada RAM dan dikirimkannya ke monitor untuk ditampilkannya sebagai huruf yang sebelumnya ditekan.

Komentar

Postingan Populer