Port Komunikasi ( Port Serial )

Serial Port

Serial Port (Port Serial) adalah antarmuka yang memungkinkan PC untuk mengirim atau menerima data satu per satu. Ini adalah salah satu jenis antarmuka tertua dan pada satu waktu yang umumnya digunakan untuk menghubungkan printer dan modem eksternal ke PC.


Serial Port yang modern digunakan dalam instrumen ilmiah, sistem toko hingga seperti mesin kasir dan aplikasi seperti sistem mesin industri. Dibandingkan dengan port paralel, kecepatan transfer data Serial Port ini terbilang lebih lambat.

Serial Port atau Terminal seri adalah port yang menggunakan teknik interfacing secara seri. Dalam teknik ini masing-masing bit data dikirim secara berurutan (serial), sehingga dalam satu detak (satuan waktu) hanya 1 bit data yang dikirim, lalu data berikutnya sampai semua data yang akan dikirim sudah terkirim.

Mengapa port serial lambat ?  Pada prinsipnya serial ialah pengiriman data dilakukan per bit, sehingga lebih lambat dibandingkan parallel seperti pada port printer yang mampu mengirim 8 bit sekaligus dalam sekali detak.

Macam-Macam Komponen Hardware Serial Port (Port Serial) :

1)        Mouse
Salah satu perangkat yang paling umum digunakan untuk port serial, biasanya digunakan dengan komputer tanpa PS / 2 atau port USB dan mouse khusus.

2)        Modem
Perangkat lain yang biasa digunakan untuk port serial. Namun, digunakan secara umum dengan komputer lama, juga biasa digunakan untuk kemudahan penggunaannya.

3)        Jaringan
Salah satu kegunaan asli port serial terutama dalam Networking dalam Jaringan, yang memungkinkan dua komputer terhubung bersama dan memungkinkan file besar ditransfer di antara keduanya.

4)        Printer
Saat ini, Printer bukan perangkat yang biasa digunakan untuk port serial. Namun, sering digunakan dengan printer dan komplotan yang lebih tua.

Komentar

Postingan Populer